Kenapa Beras Merah Lebih Sehat dari Beras Putih?

Foto : istockphoto

1. Memiliki serat yang lebih tinggi

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang memiliki nutrisi tinggi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. Dua gelas beras merah mengandung 436 kalori, 9 gram protein, 3.6 gram lemak, 7 gram serat, dan 96.6 gram karbohidrat.

Jika dibandingkan dengan porsi yang sama, beras putih memiliki kandungan kalori sebanyak 484 , protein 8.8 gram , lemak 0,8 gram, karbohidrat 106,4 gram, dan serat 1.2 gram. sehingga Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah dari pada beras putih.

2. Memiliki Vitamin yang lebih banyak

Beras merah merupakan sumber vitamin B6 ,thiamine dan niacin yang baik bagi tubuh. Vitamin B6 berfungsi untuk kesehatan darah, kulit, dan sistem saraf pusat. Thiamine berfungsi untuk mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Selanjutnya Niacin berfungsi untuk nutrisi yang baik bagi kulit, menjaga kulit tetap sehat dan terlihat baik sehingga dapat mengurangi jerawat.

3. Memiliki mineralnya lebih kaya

Setiap dua porsi beras merah dapat memberikan kandungan 172mg magnesium (44% dari anjuran asupan dalam dua porsi) dan 300 mg fosfor (30% dari anjuran asupan dalam dua porsi ).

Dibandingkan beras putih ‘yang hanya’ menyumbang 48 mg magnesium dan 138 mg fosfor. Magnesium penting untuk menjaga keseimbangan imunitas, jantung, dan saraf.

sehingga fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, tulang, dan gigi.

Foto : dokter sehat

4. Memiliki indeks glikemiknya lebih rendah, baik untuk menjaga gula darah dalam tubuh.

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, mereka yang mengkonsumsi beras merah memiliki kadar gula darah dalam tubuh yang lebih rendah dibandingkan yang mengkonsumsi beras putih.

Mengapa demikian? karena, indeks glikemik beras merah lebih rendah (dalam dua porsi 110) jika dibandingkan dengan beras putih (dalam dua porsi 172). Hal ini sebabkan oleh kandungan serat, polifenol dan phytic acid yang dikandung lebih tinggi pada beras merah.

Indeks glikemik adalah kemampuan yang terkandung dalam suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah.jika Indeks glikemik yang dikandung rendah mengindikasikan makanan tersebut lebih sehat serta aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Dengan mengganti beras putih yang selama ini anda konsumsi dengan beras merah, menurut penelitian yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine tahun 2011, risiko diabetes yang Anda derita akan dapat menurun,jika anda mengkonsumsi beras merah.

5. Sehingga kalorinya lebih sedikit, efektif menurunkan berat badan

Dengan menganti beras putih yang biasa Anda konsumsi dengan beras merah dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan yang berlebih, karena anda menyumbang kalori lebih sedikit.

Selain itu, beras merah memiliki kadar serat yang lebih tinggi didalamnya sehingga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dan tidak akan membuat anda makan berlebihan.

RSS
Follow by Email
Instagram
Open chat
1
Halo saya bu Susan
ada yang bisa saya bantu?